SEMARAK PAWAI OBOR SAMBUT RAMADHAN DI KEBONSARI

  • Mar 10, 2024
  • Sekar
  • BERITA UMUM, BERITA PEMDES, BERITA MASYARAKAT, BERITA WISATA, BERITA PEMUDA

Jember, Jawa Timur - Minggu malam (10/3), suasana di Kelurahan Kebonsari, Jember, Jawa Timur, diwarnai dengan kemeriahan Pawai Obor dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan 1445 H. Pawai ini diikuti oleh sekitar 75 orang, terdiri dari remaja masjid, bapak/ibu pengajian RT dan RW, serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

Pawai obor dimulai dari Masjid Al Hidayah, Jalan Letjen Sutoyo, Lingkungan Sumberpakem, pada pukul 19.00 WIB. Peserta pawai berjalan dengan membawa obor, menerangi jalanan di sekitar lingkungan Sumberpakem. Rute pawai meliputi Jalan Letjen Sutoyo, ke arah timur menuju Perum Kramat 1, kemudian berputar di bundaran Kramat 1 dan kembali ke Masjid Al Hidayah.

Acara ini dimeriahkan dengan lantunan takbir dan shalawat yang dikumandangkan oleh para peserta pawai. Antusiasme warga terlihat jelas dari banyaknya masyarakat yang keluar rumah untuk menyaksikan pawai obor ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Kebonsari, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Ketua RT/RW Lingkungan Sumberpakem.

"Pawai obor ini merupakan tradisi tahunan di Kelurahan Kebonsari untuk menyambut Bulan Ramadhan," kata Kahfi, penanggung jawab acara. "Tujuannya untuk meningkatkan rasa syukur dan kebersamaan di antara warga masyarakat."

Selama pelaksanaan pawai, situasi berlangsung aman dan terkendali. Petugas keamanan dari unsur TNI dan Polri terlihat berjaga di sepanjang rute pawai untuk memastikan kelancaran acara.

Pawai obor ini menjadi salah satu momen yang dinanti-nanti oleh masyarakat Kebonsari dalam menyambut Bulan Ramadhan. Selain sebagai tradisi, pawai ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar warga.