Peduli Lingkungan & Kesehatan, Sehingga Kelurahan Kebonsari Dapat Penghargaan Kelurahan 100% ODF (Open Defecation Free)

  • Nov 24, 2023
  • Dian Malik Alamsyah
  • BERITA UMUM, BERITA PEMDES

KEREN..!!! Peduli Lingkungan & Kesehatan, Sehingga Kelurahan Kebonsari Dapat Penghargaan Kelurahan 100% ODF (Open Defecation Free) - pada saat Tim KIM Kebonsari, berkunjung ke kelurahan kebonsari, kami di beri informasi oleh Bapak Lurah Kebonsari, Bapak Herlan Hidajat, S.Sos. bahwasanya saat ini tanggal 24 November 2023, Kelurahan Kebonsari mendapat Penghargaan Kelurahan ODF, yang diberikan Langsung Oleh Bapak Bupati Jember dan Wakil Bupati Jember, serta Pihak Dinas Kesehatan Kab. Jember. Penghargaan ini diberikan tepat dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional. Tentunya ini semua bentuk kepedulian Bapak Lurah dan Jajarannya, serta masyarakat terhadap Lingkungan dan kesehatan.

Open Defecation Free / ODF merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Warga Kebonsari harus buang air besar pada jamban yang sehat. Artinya, akhir pembuangan bukan pada selokan maupun sungai. Jelas Bapak Lurah Kebonsari. Selain melalui sosialisasi langsung ke masyarakat, Lurah Kebonsari menyebutkan acara Gebyar Sanitasi akan terus dilaksanakan setiap tahun agar semakin memicu aparat kewilayahan di Lingkungan Kebonsari supaya wilayah di Lingkungan Kebonsari mencapai standar 100% Open Defecation Free ODF bisa semakin bertambah dan di pertahankan.

Pemahaman yang lebih baik tentang keberlanjutan Open Defecation Free (ODF) dan dinamika norma sosial sangat penting untuk menginformasikan program pasca-ODF yang baik dan untuk memastikan penghapusan Buang Air Besar Sembarangan sesuai target nasional. Suatu kelurahan / desa dapat dikatakan Open Defecation Free (ODF) jika 100% penduduk desa tersebut telah memiliki akses Buang Air Besar di jamban sehat.

 

Kebonsari Raih Penghargaan ODF

Kebonsari Raih Penghargaan ODF